Aktifkan javascript dibrowser anda karena ada pesan penting dari pemilik blog ini... ~Welcome To Oke Bowo~: Jawaban UAS IMK Soal D no 1-2 -->

Laman

05 Januari, 2012

Jawaban UAS IMK Soal D no 1-2

Soal D

No 1 Apa itu  Monitor CRT, LCD,PlasMA & LED????
-CATHODE RAY TUBE(CRT)
CRT adalah monitor dengan teknologi termurah dan paling banyak ditemui saat ini. Cara kerja monitor CRT adalah dengan menembakkan elektron yang dihasilkan oleh tabung elektron ke lapisan fosfor pada layar monitor. Lapisan fosfor yang terkena tembakan elektron akan berpendar selama beberapa waktu dan pendaran fosfor inilah yang menghasilkan citra pada layar monitor dan Tertangkap oleh mata kita.
Dari ketiga tipe teknologi monitor, CRT adalah teknologi yang termurah dengan resolusi yang cukup baik. Walaupun begitu, CRT punya kekurangan berupa ukurannya yang besar (karena menggunakan tabung elektron), butuh daya listrik yang banyak, dan radiasi elektromagnetiknya cukup kuat.
Contonya:

















CYRSTALDISPLAY(LCD)
Tak seperti CRT, monitor dengan teknologi LCD tidak lagi menggunakan tabung elektron, namun menggunakan sejenis kristal cair yang dapat berpendar. Tidak digunakannya tabung elektron tentu saja membuat perbedaan yang besar pada daya listrik yang digunakan. Hal ini juga membuat layar LCD dapat dibuat sangat kecil sehingga dapat digunakan pada peralatan yang portabel seperti jam, laptop, kalkulator, dan sebagainya.
Contohnya:














PLASMA DISPLAY
Plasma gas merupakan teknologi monitor dengan display datar. Dengan teknologi plasma gas, ketipisan layar dapat dibuat sebanding dengan LCD, namun memiliki karakteristik citra yang lebih baik dan ukuran layar yang lebih besar. Plasma gas menggunakan fosfor untuk menghasilkan cahaya seperti halnya CRT. Perbedaannya adalah bagaimana energi diberikan kepada fosfor agar fosfor berpendar. Pada plasma gas, tiap sel warna memiliki gas yang bertekanan rendah yang terletak di belakangnya. Tegangan tinggi pada elektroda sel tersebut akan membuat gas bergerak mengarah ke plasma. Radiasi ultraviolet yang dihasilkannya akan mengeksitasi fosfor pada layar dan akan memendarkannya sehingga tertangkap oleh mata kita. Hal ini membuat layar plasma gas berpendar tanpa perlu adanya bantuan cahaya dari belakang layar. Kontras pada plasma gas akan lebih baik dibandingkan LCD.
Tampilan pada monitor plasma gas dapat dibuat lebih besar dibandingkan LCD. Ukuran terbesar yang sedang dikembangkan pada plasma gas sudah mencapai 40 inci, sementara LCD baru mencapai 20 inci. Selain itu, sudut pandang pada plasma gas dapat selebar CRT. Kalau Anda suka menonton pertandingan olah raga atau musik, layar monitor raksasa yang dipasang di sudut-sudut arena tertentu menggunakan teknologi ini.
Keuntungan dari teknologi layar plasma yang besar, layar yang sangat tipis dapat diproduksi, dan bahwa gambar sangat cerah dan memiliki berbagai sudut pandang. Sudut pandang yang karakteristik plasma dan menampilkan wajah datar CRT pada dasarnya sama, topping semua display LCD, yang memiliki sudut pandang berkurang dalam setidaknya satu arah. TV plasma juga tidak menunjukkan gambar kabur umum di banyak TV LCD.
Contohnya:














Monitor LED
Dirancang untuk aplikasi warna yang sangat teliti, seperti desktop publishing, editing video dan fotografi serta desain grafis, XL30 menguntungkan para profesional yang membutuhkan temperatur warna yang akurat, tracking detail garis-garis warna, keseragaman kualitas brightness dan reproduksi warna. Dibandingkan dengan layar LCD terdahulu yang umumnya memiliki 82 persen NTSC color gamut standar, monitor SyncMaster XL30 yang baru ini memiliki LED BLU yang unik dan memiliki hingga 123% NTSC color gamut. LED BLU membuat XL30 mampu secara signifikan menghasilkan imej yang lebih baik dengan warna-warna alami dan mendukung warna natural Adobe RGB secara menyeluruh.
Layar monitor XL30 dilengkapi Color Management System (CMS) yang dapat menampilkan warna lebih nyata serta jernih. CMS termasuk kalibrasi warna, memiliki kontrol kualitas yang akurat, dan Image Viewer, alat yang dapat mengkoreksi perbedaan warna antara monitor dan mesin cetak. Keunggulan lainnya, XL30 mempunyai piranti lunak Natural Color Expert yang dapat menyesuaikan profil warna pada monitor sehingga sesuai dengan warna yang diinginkan.
Contohnya:













No 2 Apa itu Printer Dot matrix, Inkjet, Thermal, Laserjet dan Plotter ?????

Dot Matrix
Dot matrix adalah system pembentukkan karakter dari sejumlah titk-titik Printer dot matrix mempunyai element yang terdiri dari jarum-jarum yang menekan pita sehingga dapat mencetak pada kertas. Cara mencetak tersebut dinamakan impact. Kelebihan dari printer ini adalah kecepatan cetaknya yang mencapai 400 cps, yaitu lima kali lebih cepat dan dapat mencetak graflk, tetapi kulaitas hurufnya tidak sebagus letter Quality. Kelemahan Cara printer ini bekerja adalah mencetak dari kiri ke kanan , kemudian dari kanan ke kiri pada baris berikutnya sehingga untuk mencetak satu baris teks menjadi lambat.
Contohnya:












Ink jet
Printer Inkjet menggunakan tinta. 'Penyemprotannya" menggunakan muatan listrik Sehingga labih tenang dan mempunyai kecepatan tinggi yaitu s/d 270 cps, Dan dapat ditengkapi dengan tinta berwarna. Kelemahannya ink jet printer harus menggunakan kertas khusus sehingga cetakan harus kering sebelum
wama lain menimpanya.
Contohnya:















Laser Printer
Cara kerja printer ini hampir sama dengan mesin fotocopy, perbedaanya pada mesin fotocopy bayangannya difokuskan pada silinder yang berputar sedangkan laser printer bayangannya diciptakan dengan titik per titik oleh semiconductor laser. Kualitas tulisan laser hampir sama dengan letter quality karena 1cm terdih dad 750 titik-titik. Kecepatan mencetaknya adalah 8 halaman permenit Kelemahannya mahal.
Contohnya:















Plotter
Plotter merupakan salah satu peralatan output yang digunakan untuk menggambar grafik dan lain-lain. Perbedaannya dengan printer menggunakan sistem digital, yaitu analog. Contoh plotter grafik adalah ECG(Electro Cardiograph) yaitu alat yang digunakan untuk mengetahui potensial dari denyutan jantung, atau jarum seismograph untuk mencatat getaran bumi. Plotter dapat menggambar grafik pada kertas, plastik, maupun pada plastik transparan untuk digunakan dalam proyektor.
Contohnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar